Tuesday 9 April 2013

Cara membuka file dengan format Zip, 7z , RAR


Cara membuka file dengan format Zip, 7z , RAR


Apa itu file "Zip, Rar, 7z" Serta bagaimana cara membukanya?...
File Zip / Rar adalah  standar kompresi data yang paling populer,  Dengan kompresi data, ukuran data akan lebih kecil sehingga penggunaan media penyimpanan atau alat transfer apapun akan menjadi lebih efisien. File-file ZIP dapat 

didekompresi (extract) dengan berbagai macam program seperti WinZip,  WinRAR, IZArc, 7-Zip, AlZip, TUGZip, dan lain sebagainya.
Sebenarnya di windows sendiri sudah mendukung dekompresi file-file yang di kompres, namun masih sebatas file zip saja yang bisa di ekstrak oleh fitur bawaan dari windows.(cmiw)

Berikut contoh membuka (extract) file zip menggunakan "7z"
1. Instal 7z.exe ke dalam komputer anda.
2. Arahkan mouse anda di file ZIP, Rar, atau 7z yang akan anda extract, Klik kanan Mouse pada file zip anda,pilih 7zip  kemudian silahkan klik:
    a. extract here ( untuk me-extract file di dalam di folder tsb )
    b. extract files (Untuk menentukan dimana lokasi anda akan me-extracnya)
 


Sedangkan untuk membuat file berformat zip, klik kanan mouse ke file yang akan di buat format Zip kemudian pilih 7Zip -  add to archive. Selain format Zip anda juga dapat membuat format 7Z, BZip2, GZip, TAR, dengan menggunakan  Software 7z, Selain itu anda juga dapat memproteksi file ZIP anda dengan menggunakan password agar aman dari tangan-tangan yang tidak bertanggung jawab serta File anda aman dari virus.


Nah, bagi yang membutuhkan software dekompresi  file-file seperti diatas (zip,rar,7z, dan lain sebagainya) silahkan unduh di bawah ini.

0 comments:

Post a Comment