Tuesday 26 March 2013

Gunung bromo

Tentang gunung bromo:

Gunung Bromo (dari bahasa SanskertaBrahma, salah seorang Dewa Utama Hindu), merupakan gunung berapi yang masih aktif dan paling terkenal sebagai obyek wisata di Jawa Timur. Sebagai sebuah obyek wisata, Gunung Bromo menjadi menarik karena statusnya sebagai gunung berapi yang masih aktif.
Bromo mempunyai ketinggian 2.392 meter di atas permukaan laut itu berada dalam empat wilayah, yakni Kabupaten ProbolinggoPasuruanLumajang, dan Kabupaten Malang. Bentuk tubuh Gunung Bromo bertautan antara lembah dan ngarai dengan kaldera atau lautan pasir seluas sekitar 10 kilometer persegi.
Gunung Bromo mempunyai sebuah kawah dengan garis tengah ± 800 meter (utara-selatan) dan ± 600 meter (timur-barat). Sedangkan daerah bahayanya berupa lingkaran dengan jari-jari 4 km dari pusat kawah Bromo.


Di gunung bromo kita melakukan 3 hal
1. Ke puncak untuk melihat sunrise
kita berangkat sekitar jam 4 pagi.. ga kebayang dah dinginnya.. Mau ga mau harus bawa jaket dan perlengkapan lah
Menunggu sunrise .. ^_^


Dsiini View paling bagus buat moto.. Nyesal kesini kalau ga bawa kamera... Banyak lokal maupun dari luar untuk melihat sunrise disini.


Untuk pemandangan sunrise nya done.

2. Pasir berbisik, gunung sekitar tempat bungan edelways... ^_^
Disini harus menggunakan mobil jeep hardtop...
mobil biasa bisa coid... Setiap mobil harus di cek dulu kira2 sanggup atau tidak nya melewati medan jalan...
Gaya dikit dah  ^_^ heheh...



3. Kawah gunung bromo bekas meletus..

Selama abad XX, gunung yang terkenal sebagai tempat wisata itu meletus sebanyak tiga kali, dengan interval waktu yang teratur, yaitu 30 tahun. Letusan terbesar terjadi 1974, sedangkan letusan terakhir terjadi pada 2010.




Sebelum pulang tak lupa poto2 dengan mas anto yg sudah nemanin kita ^_^...

Okeh...
Done.... ^_^

0 comments:

Post a Comment