Tada !! (pakek gaya pembawa acara kuis, wkwk)
Kali ini kita membahas tentang Routing Table Dinamis yang kemaren sempet “ngambang”
Sebelumnya kita pasti bertanya..apa sih routing protocol itu ?!?!
Routing Protocol adalah Suatu cara dari setiap router untuk ”berkomunikasi” dengan router yang lainnya (paling 


banyak sih cara untuk menentukan rute terbaik untuk meneruskan sebuah paket)
Istilah yang sering terdapat dalam Routing Protocol
  1. Administrative Distances (AD)
Whoa…dont you guys remember it in last lesson ??
Sebelum kita jelaskan definisi…mari kita liat table dibawah
———————————————————————
Sumber Router                                              AD Default
———————————————————————
Interface yg terhubung langsung                              0
Route Statis                                                                        1
EIGRP                                                                                90
IGRP                                                                                100
OSPF                                                                                110
RIP                                                                                  120
External EIGRP                                                         170
Tidak di ketahui                                                        255
———————————————————————
Nah…definisi AD adalah suatu nilai untuk menentukan rute terbaik untuk        router meneruskan sebuah paket
Semakin Kecil nilainya…semakin bagus
Nah…sekarang udah pada tau kan gunanya AD
router yang terhubung langsung ke router tempat kita konfigurasi mendapat Prioritas Paling Utama untuk meneruskan sebuah paket
router yang kita ”input” sendiri secara manual mendapat prioritas utama setelah yang terhubung langsung
nah…apaan nih EIGRP, IGRP, RIP, OSPF ?? itu adalah jenis-jenis routing protocol dinamis
router yang di “mark” oleh router kita dengan 255…tandanya ga bisa kesana tuh paket nya, ada yang salah…somethin’ wrong pastinya (kita liat troubleshooting routing2 protocol nanti….panjang nih bisa @_@ )
1. Routing Protocol Jenis Distance Vector & Link State
Distance Vector : routing berjenis ini menentukan router2 lain dengan menilai hops (noob word : jarak tempuh), analogi nya adalah kalau kita dari rumah kita mau ke rumah temen, sedangkan rumah temen kita  berjarak 2 rumah dari kita, maka kita bilang “ooh..rumah si Anu jaraknya 2 rumah dari tempat gw” ..diukur bukan berdasarkan 10-20 meter..tapi   “hops” .
Link State : yang ini sedikit rumit, untuk menentukan jalur tempuh terbaik, sebuah link state routing protocol mempunyai 3 table (ya..lo ga sala baca…tiga !!) ,table pertama mencatat update2 dari router2 yang lain tentang jalur2 terkini, table kedua menentukan topologi keseluruhan dari seluruh network, dan table ketiga untuk routing table…puyeng          kan…wkwkkw, gpp…puyeng2 dikit
2. Routing Loops
Ini adalah salah satu temen setia lo klo lo salah setting routing protocol, wkwkw, biasanya terjadi di routing protocol jenis distance vector, jelasin secara network aga sedikit susah, tapi klo di analogikan seperti ini :
A-B-C-D (anggaplah ini routernya)
Router B “eh…Router A…kita ada temen baru nih..si Router C, dia terkoneksi langsung ke gw..
Router A ”oh ya ?? ok…gw update table gw “
Router C “hei teman2..gw baru nih disini…salam kenal yah B dan D (secara paling deket)
Router D ”…..(putus koneksi…meninggal dunia..wkkwk) ”
Router A ”eh B..gw dapet paket buat D…anterin nih…secara di table gw lo bisa nganter lewat C
……disaat yang sama…semua router mengupdate status terbaru dari jalurnya masing2 (tiap 30 detik secara serentak)
Router C ”gawat coi..oi B..kasi tau ke A…si D mati
Router B ”oooh…OK…oi A…si D mati..maap ga bisa (sementara itu paket lagi kirim ke C)
Router C menolak paket kiriman B dari A…gara2 D ga bisa nerima…dibalikin lagi ke B, sementara update kiriman Terakhir kali dari masing2 router mengatakan bahwa tiap router masih menyala, alhasil..router di A dan B masih menganggap router D menyala
Router C “lah…kenapa masi ada paket kekirim ke sini ??”
Router B ” hah ?? koq dikirim balik sih ?? di table gw ama table si A yang kiriman dari lo masi nyala ah…udah..balikin lagi..kirimin ke D cepet..”
Update lagi….router
Router C ”hmm…masi ada yah…ok gw kirim…loh loh loh !!, mati cui !!..uda gw bilang
Damnnn…muter2 disitu karena masing2 salah update dan tidak mengetahui bahwa salah satu dari mereka terbunuh oleh mafia…wkkwkwkwk
3. Split Horizon
Suatu cara untuk menanggulangi problem di atas ^_^, caranya adalah dengan mencegah informasi datang dari jalur yang sama, analoginya adalah :
Router C ”ini update status terbaru facebook gw..eh..routing table gw
Router B ”oh..OK..
setelah 30 detik..
Router C ”eh…ni update status twitter gw yg sekarang..ehm..routing table maksud nya
Router B ”udah2..kaga terima status dari lo dulu dah..dari yang laen dulu, kayak dari si A dulu..tadi uda gw sampein routing table gw ama routing table lo ke si A
So…si A update..bahwa si D mati…lalu di kirim ke B, sekarang B update status Dari Router A bukan dari router C lagi
Router A ”oi..si D mati yah?? Yah…ga bilang2..masi ada utang dia ma gw
Router B ”iya tu…gw jg masi ada dendam ama si D
Router C ”pan tadi dah aye bilang..router D mateeeek, kaga mau dengerin sich
4. Route Poisoning
Sama seperti Split Horizon..gunanya untuk mencegah routing loop, caranya adalah dengan ”meracuni” routing table diri sendiri, sehingga yang lain tidak mau menerima routing table darinya
Analoginya :
Router D (untuk pertama kalinya, wkwkw) ”…gw bikin surat wasiat sebelum gw mokat, egh, ugh..oi C !!…ni surat wasiat, tolong baca dan sebarkan yah buat temen2 kite
Router C ”wtf…isinya utang semua..minta di ikhlasin…walah2..kaga deh..
Router A dan B ”oi C…gw mo kirim paket ke D..nih paketnya..
Router C ”hmm…si D lagi pulang kampung…lo jangan kirim2 dulu kesana yah
Router A dan B “ohh…ok..kita ga kirim2 dulu ke si D
diracuni alias router2 lain dipaksa percaya bahwa router D ga bisa di akses
5. Holddown Timer
Ini juga sama, untuk mencegah routing loop, caranya adalah ketika route mendapatkan informasi bahwa tetangganya mati, dia akan menetapkan timer, jadi selama timer itu (contoh 30 detik) dia tidak akan mau menerima update apapun tentang network tetangganya itu dari router lain, kecuali dari router tetangga itu atau dia mendapat update dari router lain yang metric nya lebih baik dari dirinya (baca : lebih dekat atau lebih terpercaya dari router yang mati itu, lo bisa bilang router yg lagi ”megang stopwatch” lebih percaya sama sodara kerabat nya router yg mati itu dari pada ama temennya), sangat berguna klo router tetangga itu sedang bermasalah (baca : hidup-mati melulu)
Router C ”walah..ini si D…lagi sekarat kali yah..bentar2 melek..mentar2 merem
Router B ”oi C..ada paket untuk D nih
Router C ”ga terima paket untuk D dulu de..lagi sakit2an tuh orang, tunggu de 1 mingguan
Router E (nah..router baru nih, terhubung ke D dan C) ”eh C, router D gpp tuh, sodara gw uda sehat tuh
Router C ”ah nyank bener, ya uda de…oi B..sini..paket yg mo lo kirimin, kata sodaranya udah sehat
Router B ” (mati lu sekarang D….gw bom rumah lu..bener2 mati lu sekarang wkkwkw) 
yah…klo kurang ngerti ato kurang berkenan…nanti akan ada revisi2 koq dari setiap post yg gw kasih…terutama dalam hal visualisasi >_<