Sunday 24 November 2013

REPAIR START UP WINDOWS 7 MELALUI CMD (COMMAND PROMPT)

REPAIR START UP WINDOWS 7 MELALUI CMD (COMMAND PROMPT)

Hmmm, udah lama juga nih kayaknya ga posting.
Berbagai alesan terkadang menghalangi ane buat posting haha :D

buat malem ini mungkin ane mau posting lagi sharing yang ane tau yg sebenernya udh lama draftnya hehe
dari pada panjang lebar ga jelas, langsung aja deh ane masuk ke topik pembahasan :p

Sebelumnya, yang kali ini akan saya share adalah startup repair menggunakan command prompt yg biasanya dilakukan jikalau startup repair yg disediakan oleh Win 7 Disk tdk mampu memperbaikinya.
Dari pengalaman ane yg beberapa kali ane alamin kasus ini disebabkan oleh hilangnya atau berpindahnya win 7 boot loader yg disebabkan oleh banyak hal, contoh: tertimpah grub linux, terhapus virus, dll.
*mungkin kalo ada temen sekelas ane yg baca ini tau deh kasus siapa yg kyk gini ._.v

Pertama-tama yg perlu disiapkan adalah kaset installer win 7 (note: kaset yg digunakan harus sesuai dengan versi windows yg akan direpair)
lalu kita setting bios agar booting melalui cd/dvd, pasti sudah pada tau yaa caranya :p
lalu setelah cd installer sudah berjalan akan tampil seperti ini:

Lalu klik Repair Your komputer seperti yg saya jelaskan pada gambar diatas.

Kemudian anda akan masuk kedalam menu seperti ini: 


Sebenarnya anda dapat menjalankan pilihan nomor 1 seperti pada gambar diatas dan ikuti perintah yg tampil selanjutnya :)
apabila cara nomor 1 belum berhasil, barulah kita menggunakan cara ke 2 :)
satelah anda klik nmr 2 pada gambar anda akan masuk ke jendela command prompt, lalu masuklah k direktori windows anda contoh Dir C dengan mengetikan "C:" tanpa tanda kutip.
setelah itu, ketikanlah secara berurut seperti ini:

bootsect.exe/nt60 c:
bootsect.exe/nt60 all
bootrec.exe/fixmbr
bootrec.exe/fixboot
bootsect /nt60 all /force /mbr


Setalah baris terakhir enter, lalu restart lah komputer anda dan tadaaaaaa, windows 7 anda sudah kembali bisa dijalankan dengan normal :D

0 comments:

Post a Comment