Friday 28 December 2012

Wireless station Mode mikrotik


Manual – Basic : Wireless Station Mode Mikrotik



Interface Wireless dalam mode station akan mencari titik akses diterima (AP) dan terhubung untuk itu. Hubungan antara station dan AP akan berperilaku dengan cara yang sedikit berbeda tergantung pada jenis mode station digunakan, benar mode sehingga harus dipilih untuk aplikasi tertentu dan peralatan. Artikel ini mencoba untuk menjelaskan perbedaan antara mode station tersedia.

Perbedaan Utama antara mode station adalah bagaimana alamat L2 diproses dan diteruskan di link Wireless.Ini secara langsung mempengaruhi kemampuan sambungan Wireless untuk menjadi bagian dari infrastruktur di Bridge L2.

Jika L2 mem Bridge atas tautan Wireless tidak diperlukan - seperti dalam kasus atau MPLS dialihkan beralih jaringan, mode dasar = setup station disarankan dan akan memberikan efisiensi tertinggi.

Ketersediaan modus station tertentu tergantung pada wireless-protokol yang digunakan dalam jaringan Wireless. Silakan lihat penerapan matriks untuk informasi tentang mendukung mode dalam protokol. Ada kemungkinan bahwa hubungan antara station dan AP akan dibentuk bahkan jika modus tertentu tidak didukung untuk protokol tertentu. Hati-hati bahwa sambungan tersebut tidak akan berperilaku seperti yang diharapkan berkaitan dengan L2 menjembatani (bridge).

802.11 keterbatasan untuk L2 bridging

Secara historis 802.11 perangkat AP seharusnya bisa mem Bridgei frame antara segmen jaringan kabel dan Wireless, namun perangkat station itu tidak seharusnya dilakukan L2 mem Bridge

Pertimbangkan jaringan berikut:

[X]---[AP]-( )-[STA]---[Y]

dimana X-to-AP dan STA-to-Y adalah link ethernet, tapi AP-to-STA dihubungkan secara Wireless. Menurut 802.11, AP transparan dapat mem Bridge Traffic antara X dan STA, tetapi tidak mungkin untuk mem Bridge Traffic antara AP dan Y, atau X dan Y.

802.11 standar menetapkan bahwa frame antara station dan perangkat AP harus dikirimkan dalam format yang disebut 3 MAC addresses, yang berarti bahwa header frame berisi 3 alamat MAC. Frame ditularkan dari AP ke station memiliki alamat berikut:

--destination address - address perangkat station, juga radio address penerima
--radio transmitter address - Ip address
--source address - address originator frame tertentu

Frame ditransmisikan dari station ke AP memiliki address berikut:

--radio receiver address - address AP
--source address - address perangkat stasiun, juga address pemancar radio
--destination address - alamat tujuan

Menimbang bahwa setiap frame harus menyertakan pemancar radio dan address penerima, jelas bahwaaddress format frame 3 tidak cocok untuk L2 transparent bridging atas stasiun, karena stasiun tidak dapat mengirim frame dengan alamat sumber yang berbeda dari alamat perusahaan - frame misalnya dari Y, dan pada saat yang sama AP tidak dapat memformat bingkai dengan cara yang akan mencakup alamat Y.

802.11 meliputi frame format tambahan, yang disebut 4 frame format addresst, dimaksudkan untuk "Wireless Distribusi System" (WDS) - sebuah sistem untuk interkoneksi AP Wireless. Dalam format ini address tambahan yang ditambahkan, menghasilkan header yang berisi alamat berikut:

--radio receiver address
--radio transmitter address
--destination address
--source address 

Frame format ini mencakup semua informasi yang diperlukan untuk L2 transparent bridging melalui link wireless.Sayangnya 802.11 tidak menentukan bagaimana koneksi WDS harus didirikan dan dikelola, sehingga setiap penggunaan dari 4 format frame address (dan WDS) adalah implementasi spesifik.

mode station yang berbeda berusaha untuk memecahkan kekurangan dari mode station standar untuk memberikan dukungan untuk L2 bridging.

Penerapan Matrix

Matriks berikut menetapkan mode station yang tersedia untuk setiap wireless-protocol. Perhatikan bahwa ada 2 kolom untuk protokol 802.11: 802.11 menetapkan ketersediaan mode di "pure" jaringan 802.11 (saat menghubungkan ke vendor AP) dan ROS 802.11 menentukan ketersediaan dari mode saat menghubungkan ke RouterOS AP yang mengimplementasikan ekstensi proprietary yang dibutuhkan untuk mode untuk bekerja .

Tabel berlaku untuk RouterOS v5rc11 keatas:

802.11ROS 802.11nstremenv2
stationVVVV
station-wds
VVV
station-pseudobridgeVVV
station-pseudobridge-cloneVVV
station-bridge
VVV

Mode station

Ini adalah mode standar yang tidak mendukung L2 membridge di station - supaya untuk menempatkan Interface Wireless di bridge tidak akan menghasilkan hasil yang diharapkan. Di sisi lain modus ini dapat dianggap sebagai yang paling efisien dan karena itu harus digunakan jika L2 bridging di stasiun tidak perlu - seperti dalam kasus MPLS diarahkan atau beralih jaringan. Mode ini didukung untuk semua wireless protocol.

Mode station-wds

Mode ini bekerja hanya dengan RouterOS AP. Sebagai hasil dari negosiasi koneksi, terpisah WDS interface dibuat pada AP untuk station diberikan. Interface ini bisa dianggap koneksi point-to-point antara AP dan station yang diberikan - apapun yang dikirim keluar interface WDS dikirim ke stasiun (dan hanya untuk station tertentu) dan apa pun stasiun mengirim ke AP diterima dari interface WDS (dan tidak tunduk penyampaian antara klien AP), melestarikan alamat L2.

Mode ini didukung untuk semua protocol wireless kecuali 802.11 protokol yang digunakan dalam sambungan ke perangkat non-RouterOS. Mode ini menggunakan 4 address format frame bila digunakan dengan protokol 802.11, untuk protokol lain (seperti nstreme atau nv2), protokol berarti internal digunakan.

Mode ini aman digunakan untuk L2 membridge dan memberikan kontrol yang paling administratif di AP melalui interface WDS terpisah, untuk penggunaan contoh firewall jembatan, RSTP untuk deteksi loop dan penghindaran, dll

Mode station-pseudobridge

Mode ini dari titik koneksi wireless pandang adalah sama dengan station modus standar. Ia memiliki dukungan terbatas untuk menjembatani L2 melalui beberapa layanan diimplementasikan di stasiun:

--Mac Address translation untuk IPv4 paket - menjaga station-untuk-MAC pemetaan meja menggantikan IPv4 dan alamat sumber MAC dengan alamat sendiri ketika mengirimkan bingkai ke AP (untuk dapat menggunakan 3 frame format address), dan menggantikan tujuan MAC address dengan alamat dari tabel pemetaan untuk frame yang diterima dari AP. MAC dibangun juga untuk VLAN frame dienkapsulasi.

--single MAC address translation untuk sisa protocols- station belajar sumber MAC address dari frame non-IPv4 pertama diteruskan dan menggunakannya sebagai default untuk terjemahan reverse - alamat MAC digunakan untuk menggantikan alamat tujuan MAC untuk frame yang diterima dari AP jika IPv4-to -MAC pemetaan tidak dapat dilakukan (misalnya - kerangka non-IPv4 atau pemetaan hilang).

Mode ini terbatas untuk menyelesaikan L2 membridge data ke perangkat tunggal yang dihubungkan ke station (dengan cara terjemahan alamat MAC tunggal) dan beberapa dukungan untuk frame IPv4 bridging - menjembatani protokol non-IP untuk lebih dari satu perangkat tidak akan bekerja. Juga terjemahan alamat MAC membatasi akses ke perangkat stasiun dari sisi AP untuk IPv4 akses berdasarkan - sisa protokol akan diterjemahkan oleh terjemahan alamat MAC tunggal dan tidak akan diterima oleh stasiun itu sendiri.

Mode ini tersedia untuk semua protokol kecuali nv2 dan harus dihindari bila mungkin. Penggunaan node ini hanya dapat dibenarkan jika AP tidak mendukung mode lebih baik untuk L2 bridging (misalnya ketika non-RouterOS AP yang digunakan) atau jika hanya satu pengguna akhir perangkat harus terhubung ke jaringan dengan menggunakan perangkat station.

Mode station-pseudobridge-clone

Mode ini sama-pseudobridge modus station, kecuali yang terhubung ke AP menggunakan "cloning" alamat MAC - yang baik alamat dikonfigurasi di-jembatan-klon-mac parameter stasiun (jika dikonfigurasi) atau alamat sumber dari frame pertama diteruskan. Hal ini pada dasarnya muncul di AP seolah-olah pengguna akhir perangkat tersambung ke stasiun terhubung ke AP.

Mode station-bridge

Mode ini bekerja hanya dengan RouterOS AP dan menyediakan dukungan untuk L2 protokol-independen transparent bridging pada perangkat station. AP RouterOS menerima klien di-bridge modus station saat diaktifkan menggunakan mode parameter bridge. Dalam mode ini AP memelihara tabel forwarding dengan informasi tentang apa MAC address bisa dijangkau di mana perangkat station.

Mode ini MikroTik eksklusif dan tidak dapat digunakan untuk menghubungkan perangkat merek lain.
Mode ini aman digunakan untuk L2 bridging dan harus digunakan apabila terdapat alasan cukup untuk tidak menggunakan modus Station-WDS.

0 comments:

Post a Comment