Friday 28 December 2012

Configuration management mikrotik


Manual – Basic : Configuration Management Mikrotik



Manual ini memperkenalkan Anda dengan perintah yang digunakan untuk melakukan fungsi-fungsi berikut:

--system backup;
--system restore from a backup;
--configuration export;
--configuration import;
--system configuration reset.

Deskripsi

Backup Configuration dapat digunakan untuk membackup konfigurasi MikroTik RouterOS ke dalam sebuah file biner, yang dapat disimpan di router atau diunduh menggunakan FTP untuk digunakan di masa depan. Konfigurasi restore bisa digunakan untuk mengembalikan konfigurasi router, persis seperti pada saat penciptaan cadangan, dari file cadangan. Prosedur restorasi mengasumsikan cofiguration yang dipulihkan pada router yang sama, di mana file backup awalnya diciptakan, sehingga akan menciptakan konfigurasi sebagian rusak jika perangkat keras telah diubah

Configuration export dapat digunakan untuk membuang keluar lengkap atau sebagian konfigurasi MikroTik RouterOS ke layar konsol atau ke teks (script) file, yang dapat didownload dari router menggunakan protokol FTP. Konfigurasi dibuang sebenarnya merupakan batch perintah yang tambahkan (tanpa menghapus konfigurasi yang sudah ada) konfigurasi yang dipilih ke router. Fasilitas impor konfigurasi mengeksekusi batch konsol perintah dari file skrip.

Perintah system reset digunakan untuk menghapus semua konfigurasi pada router. Sebelum melakukan itu, mungkin berguna untuk backup konfigurasi router.

Sistem Backup

Submenu level: /system backup

Deskripsi

Menyimpan cadangan Perintah ini digunakan untuk menyimpan keseluruhan konfigurasi router ke dalam sebuah file backup. File ini ditampilkan dalam /file submenu .Hal ini dapat didownload melalui ftp untuk menyimpan backup dari konfigurasi Anda.

Perhatian! File cadangan berisi informasi sensitif, tidak menyimpan file backup Anda di dalam direktori's File router, bukan, download mereka, dan simpan di lokasi yang aman. 

Untuk mengembalikan konfigurasi sistem, misalnya, setelah /system reset-configuration,adalah mungkin untuk meng-upload file itu melalui ftp dan beban yang file backup dengan menggunakan perintah load dalam submenu /system backup. Perintah Deskripsi :

load name=[filename] - backup konfigurasi Load dari file
save name=[filename] - Menyimpan backup konfigurasi ke file

Peringatan: Jika TheDude dan user-manager dipasang pada router maka cadangan tidak akan mengurus konfigurasi yang digunakan oleh alat tersebut. Oleh karena itu perawatan tambahan harus diambil untuk menyimpan konfigurasi . Gunakan mekanisme disediakan alat untuk menyimpan / ekspor konfigurasi jika anda ingin menyimpannya. 

Contoh


Untuk menyimpan konfigurasi router ke file test:

Untuk melihat file yang tersimpan pada router:

Untuk memuat uji backup file yang disimpan:

Mengekspor Konfigurasi

Command name: /export

Perintah export mencetak sebuah script yang dapat digunakan untuk mengembalikan konfigurasi. Perintah ini dapat dipanggil pada setiap tingkat menu, dan bertindak untuk itu tingkat menu dan semua menu tingkat di bawahnya. Output dapat disimpan ke sebuah file, tersedia untuk di-download menggunakan FTP.

Command Deskripsi

file=[filename] - menyimpan ekspor ke file

Contoh

Untuk membuat sebuah file export:

Untuk melihat file yang tersimpan pada router:

Mengimpor Konfigurasi

Command name: /import

root tingkat perintah /import [file_name] menjalankan script, disimpan dalam file yang ditetapkan menambahkan konfigurasi dari file yang ditetapkan dengan setup yang ada. Berkas ini mungkin mengandung konsol comands, termasuk script.digunakan untuk mengembalikan konfigurasi atau bagian dari itu setelah peristiwa /system reset atau apapun yang menyebabkan kehilangan data konfigurasi.

Perhatikan bahwa tidak mungkin untuk mengimpor keseluruhan konfigurasi router menggunakan fitur ini. Hal ini hanya dapat digunakan untuk mengimpor bagian dari konfigurasi (misalnya, aturan firewall) untuk luang Anda mengetik

Perintah Deskripsi 

file=[filename] - load konfigurasi yang diekspor dari file ke router

Otomatis Impor

Sejak RouterOS v3rc adalah mungkin untuk secara otomatis menjalankan script - script file Anda harus sesuatu yang disebut .auto.rsc - setelah file ini di-upload dengan FTP ke router, maka secara otomatis akan dieksekusi, seperti dengan perintah Impor.

Contoh 

Untuk memuat berkas ekspor disimpan gunakan perintah berikut:

Konfigurasi Reset

Command name: /system reset-configuration

Deskripsi 

Perintah ini menghapus semua konfigurasi router dan set ke default termasuk nama login dan password ('admin' dan password), alamat IP dan konfigurasi lainnya juga dihapus dan interface akan menjadi cacat. Setelah perintah ini router akan reboot.

Perintah Deskripsi 

keep-users: membuat pengguna dan password router
no-defaults: tidak memuat cofigurations default, hanya membersihkan semuanya
skip-backup: backup otomatis tidak dibuat sebelum reset, bila ya ditentukan
run-after-reset: tentukan nama file ekspor berjalan setelah reset

Peringatan: Jika router telah diinstal dengan menggunakan netinstall dan memiliki script tertentu sebagai konfigurasi awal, perintah reset menjalankan script ini setelah menghapus konfigurasi. Untuk menghentikannya melakukannya, Anda akan harus menginstal ulang router.

Contoh

0 comments:

Post a Comment