Thursday 27 September 2012

Belajar VPN (Virtual Private Network)


Belajar VPN (Virtual Private Network)

Puji Tuhan masih diberi kesempatan buat nulis lagi :D . Ok. kita lanjutkan bahasan kita tentang networking, Kali ini kita akan bahas apa itu VPN :
VPN (Virtual Private Network) dari asal katanya saja, bisa diambil makna : Jaringan Pribadi Virtual. Maksudnya, kita [seolah-olah] membuat jaringan private (LAN)  diatas jaringan publik (Internet).


Bagaimana, sudah terbayang ? ngiung… ngiung… :D kalo belum terbayang, coba lihat ilustrasi berikut  :
Penjelasan contoh kasus :
Kita mempunyai perusahaan besar. Dimana perusahaan tersebut mempunyai beeberapa kantor cabang yang saling berjauhan (site 1 dan site 2). Untuk menghubungkan jaringan antar kantor cabang, diperlukan jaringan private namun dalam jarak yang jauh (hayo2 :P ). nah, solusinya dengan VPN. Gampang-nya begini, kita tahu jika LAN : PC – kabel – switch – kabel – switch – PC. nah,kabel (yang cetak tebal) diganti dengan Cloud (internet) selesai. itulah VPN.
Perhatikan kembali gambar di atas!
Sebuah kantor cabang 1 (site 1) ingin membuat sebuah jaringan local ke kantor cabang 2 (site 2). Untuk itu, dipakailah VPN. Perangkat sebuah VPN berupa End PC – server – tunnel – server – end PC. Ibarat sebuah jalur pribadi ditengah keramaian jalur internet public, maka dibentuklah sebuah Tunnel.
Tunnel (terowongan), adalah jalur pribadi virtual diantara jalur publik internet. Kalau dijalan raya, itu jalur busway : Walaupun di “jalan” yang sama, namun memiliki kemampuan yang berbeda. Pada jalur busway relatif lebih “lancar”. Tidak terkena macet dan antrian kendaraan bermotor.
Pertanyaan selanjutnya : Bagaimana dengan tingkat keamanannya ? mengingat ini adalah jalur pribadi.
Yang membuat VPN ini istimewa adalah paket – paket data yang dikirimkan menuju tempat tujuan, telah di enskripsi (diacak) terlebih dahulu. Sehingga, akan menjadi percuma jika seseorang mengambil data atau menguping. Perhatikan gambar diatas, bahwa terdapat firewall utuk memproteksi dan validasi hak akses terhdap PC yang menggunakan VPN. Jadi, fungsi firewall disini semacam filter. Hanya user dengan IP tertentu yang dapat meng-akses data VPN.
Nah.. bagaimana ? sudah mengerti konsep dasar dari sebuah VPN ? kita akan lanjutkan lagi (Insya Allah) dengan melihat dari sisi teknisnya. Seperti protocol yang digunakan dan beberapa setting VPN. Semoga bermanfaat….
Komentar dan masukan sangat dinantikan :D

0 comments:

Post a Comment